Jejaring Sosial Google: Proyek Google+

Perusahaan search engine raksasa google sedang mengerjakan proyek yang dinamakan proyek google+ yang bergerak dalam bidang jejaring sosial ala facebook, twitter dan friendster. Dari blog resminya, google menjanjikan jejaring sosial ini akan berbeda dengan jejaring sosial yang telah ada, lebih easy to use dan menyediakan beberapa fitur yang bisa dikatakan tidak ada pada jejaring sosial yang lain.

Seperti yang dikutip dari blog resminya, beberapa fitur yang disediakan oleh google+ adalah:

  1. +Circle
    Fitur ini adalah fitur untuk mengelompokkan “friend” sesuai dengan kemauan user. Apapun yang akan di-share tidak bisa semua dari “friend” yang akan mengetahuinya, tetapi orang-orang dalam “circle friend” yang diinginkan oleh user saja. Google menyatakan dasar pemikiran dari mengelompokkan “friend” ini adalah karena tidak semua hal harus di-share dengan semua orang dalam dunia maya (saya sependapat banget dengan ini🙂 ). Jadi, dengan menggunakan circle+ ini, user bisa mengelompokkan “friend” sesuai kemauan user seperti teman kuliah, teman kantor, keluarga dll. Kita bisa “share” tentang suatu hal dengan orang yang menurut user adalah orang yang tepat.
  2. +Spark
    Tidak semua orang bisa memulai suatu percakapan dengan orang lain dengan mudah, apalagi orang-orang yang baru dikenal. Dalam fitur spark+ ini, google+ menyajikan kepada penggunanya untuk dapat berbagi tentang hal-hal yang disenangi, orang yang mempunyai kesenangan/hobi yang sama akan lebih mudah untuk memulai suatu percakapan. Spark+ menyediakan berbagai konten menarik yang dapat di-share dengan setiap orang yang diinginkan sehingga pengguna mampu untuk berbagi subjek dengan orang lain dengan konten yang telah disediakan.
  3. +Hangouts
    Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan video call dengan pengguna lain, bahkan dengan beberapa orang sekalipun yang ada dalam +circle yang telah ditentukan oleh pengguna. Ini merupakan terobosan baru dalam jejaring sosial. Karena dari pengalaman sebagai pengguna beberapa jejaring sosial yang lain, fitur ini tidak ada. Bahkan untuk video call dengan satu orang saja, situs jejaring sosial facebook baru meluncurkan pada awal juli 2011 ini.
  4. +Mobile
    Dalam google+ ini, pengguna juga bisa mengakses dengan menggunakan telpon genggam. Tetapi tentunya dengan fitur yang tidak selengkap jika mengakses dengan menggunakan PC atau Notebook. Fitur yang bisa diakses dengan menggunakan telpon genggam adalah:

    • +location, location
      Dalam kehidupan seharihari kita tentunya sering mengunjungi tempat yang berbeda. Dan pada fitur ini, kita menambahkan setiap lokasi kita pada setiap posting yang kita lakukan.
    • Instant Upload
      Fitur ini memungkin pengguna untuk meng-upload setiap foto yang kita inginkan dengan menggunakan telpon genggam.
  5. +Huddle
    Koordinasi dengan teman dan keluarga secara real-time benar-benar sulit dalam kehidupan nyata. Oleh karena itu, google+ menyediakan fitur +huddle untuk membantu setiap pengguna untuk mengirimkan pesan kepada kelompok atau +circle yang di inginkan.
    Bagi pengguna google, silahkan ditunggu fitur ini dirilis🙂

Sumber: http://googleblog.blogspot.com/2011/06/introducing-google-project-real-life.html

Tulisan terkait:

Fitur Baru Pada Chat Facebook: Video Calling

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s