Panjat Tebing: Tantangan, Ketenangan dan Fokus

Olah raga ini mulai saya kenal sejak tahun kedua kuliah, tepatnya ketika mengikuti pendidikan di MAPALA tempat saya sekarang berada. Awalnya sih ogah-ogahan untuk lebih intens di dunia panjat, tetapi seiring dengan waktu dan semakin sering “menyentuh” poin, malahan menimbulkan semacam addict tersendiri.

Wind Blows, 5.12c (8 Bolt, 25 m high). Harau Valley, 2009

Sejak awal tahun 2008, saya mulai lebih intens untuk menekuni olah raga ini, intensitas latihan bertambah dan mulai bisa menikmati pemanjatan yang saya lakukan. Hingga sekarang malah menjadi seperti kebutuhan yang haru ada setiap harinya, minimal sekali sehari lah.

Untuk saat ini, kegiatan panjat tebing yang biasa dikatakan setiap hari harus ada bagi saya adalah buldering. Karena kebetulan dibelakang rumah saya (baca: sekre) ada papan boulder yang bisa setiap saat digunakan sebagai sarana untuk memenuhi “nafsu” manjat saya. Disamping boulder-an, biasanya sekali sebulan saya juga manjat di tebing atau di-wall yang tentunya dengan feel yang berbeda karena dari segi ketinggian jelas berbeda.

Biadab Route, 5.12a (8 Bolt, 30 m high). Harau Valley, 2010

Untuk mengukur kemampuan (grade) seorang pemanjat, biasanya dapat dilihat dari hasil kompetisi yang diikuti oleh pemanjat tersebut. Saya juga lumayan sering mengikuti kompetisi dalam iolah raga ni, baik dalam skala daerah maupun nasional, walaupun lebih sering kalah dari pada menangnya hehe🙂. Mungkin karena saya tidak bisa terlalu fokus dalam dunia yang satu ini alasannya (atau kurang bakat: pembenaran :)). Karena pada dasarnya, tujuan utama sebagai seorang anak kuliahan tetap menyelesaikan kuliah.

Dari beberapa tahun bergelut di dunia panjat tebing ini, ada beberapa pelajaran berharga yang bisa saya petik:

  1. Disiplin dalam persiapan.
    Sebelum melakukan pemanjatan, persiapan yang dilakuakn harus benar-benar diperhatikan. Baik persiapan perlengkapan, persiapan mental dan persiapan pikiran.
  2. Kenali kemampuan diri.
    Hal ini sangat diperlukan, karena dengan mengenali kemampuan diri, kita bisa memetakan jalur yang bisa kita lewati dengan mudah dan jalur yang harus kita lewati dengan usaha yang lebih ekstra.
  3. Fokus
    Fokus sangat dibutuhkan dalam setiap kegiatan olah raga, tetapi fokus yang dibutuhkan dalam panjat tebing lebih ekstra, sedikit kelalaian bisa menimbulkan kecelakaan.
  4. Tenang dalam menghadapi kesulitan
    Ketika seorang pemanjat sedang berada pada bagian jalur yang tersulit, kontrol emosi sangat diperlukan. Pilihannya pasti ada dua, lewat atau jatuh. Ketika emosi sudah mengambil peran, bisa dipastikan jatuh yang akan mengikuti.
  5. Sabar dan atur ulang strategi
    Saat seorang pemanjat mentok ketika sedang melakukan pemanjatan, sabar dan pikirkan cara lain/teknik lain yang memungkinkan untuk melewati bagian jalur  ini. Sabar bisa dilakukan dengan mundur atau climb down dulu dan berhenti sejenak untuk memikirkan langkah yang terbaik untuk situasi yang ada.

Dalam dunia panjat tebing dikenal istilah OON (Otak, Otot dan Nasib). Dari istilah ini bisa dilihat bahwa otot bukan yang utama dalam olah raga ini, yang lebih utama adalah otak.

2 thoughts on “Panjat Tebing: Tantangan, Ketenangan dan Fokus

  1. Hello Hurricane193,
    Ini adalah artikel yang baik, saya telah menikmati membacanya. Saya juga bepergian untuk mengunjungi Lembah Harau dalam waktu beberapa minggu (pada akhir Juli) .Saya akan sangat tertarik untuk mengeksplorasi beberapa panjat tebing di daerah ini, karena saya juga batu pendakian di kampung saya di Australia. Saya memiliki peralatan saya sendiri tapi ingin bertemu dengan Anda, jika Anda bisa menunjukkan beberapa panjat tebing di daerah Anda. Saya berharap untuk mendengar tanggapan Anda.
    Salam,
    Byron

    • Hy Byron,

      Please feel free to write in english if you wish. Unfortunately I’m at work at the moment and I already move to our capital city, Jakarta for the last four years. And just comback to this homeland for couple times a years.

      But I do have some friends who can acompany you to Lembah Harau, please don’t worry, they are rock climber as well with certain grade. Please let me know if you’re interest and I will introduce you to them.

Leave a Reply

