Tips dan Trik Untuk Menghadapi Seminar (Seminar KP dan Seminar Tugas Akhir)

Bagi sebagian kita kalangan mahasiswa, menghadapi seminar Kerja Praktek (KP) dan seminar Tugas Akhir (TA) kadang menjadi suatu hal yang menakutkan. Entah karena tidak terbiasa berbicara di depan publik atau karena mental yang sudah drop duluan sebelum  seminar itu sendiri dilaksanakan. Dan hasilnya, bahasan utama yang ingin disampaikan dalam seminar tidak mencapai sasaran bahkan melenceng dari konteks yang dibahas.

Berikut ini beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan dalam menghadapi seminar (terutama untuk seminar Kerja Praktek dan semianr Tugas Akhir):

  1. Kuasai materi yang akan diseminarkan.
    Ini adalah harga mutlak dan tidak bisa ditawar. Kalau tidak bisa menguasai bahan yang akan diseminarkan, lebih baik mundur dari seminar tersebut atau atur ulang jadwal untuk memberikan waktu tambahan dalam mempelajari materi yang akan diseminarkan.
  2. Rancang slide (ppt atau macromedia flash)
    Slide adalah media yang sangat membantu saat seminar dilakukan. Jadi, slide harus berisi semua materi yang akan diseminarkan, minimal secara garis besar. Dengan adanya slide, akan membantu kita dalam mengingat pokok-pokok materi yang harus disampaikan dalam seminar tersebut.
  3. Efektifkan materi slide
    Isi slide tidak perlu terlalu banyak kata-kata dan kalimat. Cukup isi dengan beberapa kata  pada setiap slide dan perbanyak tabel, gambar, diagram dan grafik. Ini akan memberikan ruang yang lebih banyak bagi kita untuk lebih mengembangkan isi dari materi dan tidak terpaku pada bahasa yang ditulis pada slide.
  4. Simulasi
    Lakukan simulasi presentasi didepan teman-teman atau keluarga dalam menyampaikan materi seminar dan minta koreksi dari mereka mengenai teknik penyampaian dan materi yang disampaikan. Dari simulasi ini kita bisa melihat berapa persen dari materi yang disampaikan dapat dipahami oleh pendengar. Dan dari simulasi ini, kita juga bisa memprediksi pertanyaan yang mungkin timbul pada saat seminar.
  5. Persiapkan peralatan untuk seminar
    Persiapan peralatan ini meliputi peralatan untuk melakukan presentasi, seperti laptop, infocus, spidol, pena dan hard print slide seminar (jika dirasa perlu).
  6. Sampaikan materi dengan sepenuh hati
    Penyampaian materi sangat berpengaruh terhadap pertanyaan yang akan timbul. Jika materi yang inginkan kita sampaikan tidak dipahami oleh penguji dan peserta seminar, maka akan semakin banyak pertanyaan yang timbul. Jadi sampaikan lah materi dengan sepenuh hati dan dengan kata-kata yang sejelas mungkin.
    Jika perkataan itu keluar dari relung hati,
    maka ia akan masuk ke relung hati pula.
    Jika perkataan keluar dari ujung lidah, maka
    untuk mencapai telinga pun akan sulit.”
  7. Tetap tenang
    Jika pada saat seminar berlangsung muncul pertanyaan yang tidak diprediksi, tetap tenang. Pikirkan dan jangan panik. Ketika memang tidak ada kemungkinan jawaban yang bisa diberikan, mintalah saran dari pembimbing atau  penguji yang lain mengenai pertanyaan tersebut.
  8. Kontrol emosi
    Tipe sebagian penguji adalah mencoba memancing emosi pemateri. Kontrol emosi dan jangan terpancing dengan pernyataan dan pertanyaan yang mengaduk-aduk emosi. Jika emosi kita sudah terpancing, you will lose.
  9. Jaga sopan santun
    Ini adalah poin tambahan yang akan berpengaruh dalam penilaian penguji terhadap kita. Kita bisa saja gagal walapun cara penyajian seminar yang kita berikan sudah bagus dan materi yang ditanyakan kita kuasai tetapi tidak sopan dalam menanggapi pertanyaan yang diberikan.

Mudah-mudahan tips dan trik di atas bermanfaat🙂
Sumber: Pengalaman Pribadi dan dari berbagai literatur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s