Kenangan Satu Tahun Bersama-mu (Baca: Udah Setahun Ngerjain Tugas Akhir Yang Gak Kelar-Kelar)

Setahun sudah. Terhitung dari Juni 2010, sekarang udah pertengahan juli 2011. Tapi tetap dengan kondisi yang sama, masih ngerjain tugas akhir. Disatu sisi sih bangga juga ma diri ndiri, gk patah samangat walaupun begitu banyak cobaan, tapi disisi lain banyak juga gk enaknya. Yang paling gk enak adalah saat disuguhi pertanyaan yang sama dimana dan kapan pun berada, pertanyaan maut yang langsung menusuk hati dan menikam jantung “udah tamat??kapan wisuda??kok blom wisuda juga??udah enam tahun kan??”, beuh…emang gk da pertanyaan lain apa? yang yang gk bkin sensi naik jadi 100%??.

Cerita tugas akhir-ku ini memang berliku-liku, penuh tanjakan, kerikil bertebaran dan jebakan maut pun selalu menanti. Kalau motivasi diri, gk terhitung nilainya. Jika ada skala yang lebih besar dari terra, itu tu nilainya. Tapi ternyata TA gk cukup hanya dengan motivasi. Banyak faktor pendukung lain yang  juga harus ada. Bagi yang udah pernah ngerjain tugas akhir pasti langsung paham, dan bagi yang blom tugas akhir atau mau tugas akhir, ntr juga bakalan paham ketika sudah mulai ngerjain tugas akhir hehe🙂. Sekarang, ketika udah mau seminar hasil, masih ada-ada aj yang ngalangin. Kalau terlalu dpikirin, bisa gila ndiri jadinya, mending bawa senyum aj walaupun di dalam hati masih menangis.

Sejak kuni 2010, sudah tiga kali judul TA-ku ini berganti. Judul yang pertama bertahan sampai akhir tahun 2010, diganti karena emang gk ada progres sama sekali. Bukan salah saya sepenuhnya sih, coz tuh judul kita kerjain berdua, ma tmen. Jadi salah kita berdua, karena gk saling ngingetin dan sama-sama gk mau mulai ngerjain. Aku sibuk gk jelas dengan kegiatan ku, dan dia juga sibuk dengan usaha warnet barunya. Alhasil, enam bulan dari dapet judul, gk ada satu pun tulisan yang bisa kami rangkai.

Januari 2011, bimbingan dan minta ganti judul. Untuk judul yang baru ini, aku minta judul yang bisa dikerjain ndiri ma  pembimbing. Biar bisa lebih bebas dan gk tergantung sm orang lain, itu yang ada dalam pikiranku waktu itu. Untuk judul yang kedua ini, aku udah berhasil merangkai beberapa halaman kata-kata. Mulai dari latar belakang (pendahuluan), meroket sampai moetodologi penelitian (Bab III). Tapi pas mau ngerjain Bab IV, mentok. Udah berbagai solusi dijalanin, tapi tetap gk bisa. Akhir april 2011, ganti judul lagi.

Judul yang ketiga, saat ini udah mau sminar hasil. Untuk judul yang ketiga ini, proses yang dilalui gk terlalu ruwet, walaupun ada sedikit kendala pada saat perancangan sistemnya, tapi bisa di atasi dengan teriak-teriak nanya kesana-sini. Sudah bisa seminar proposal saat baru memasuki bulan ke-dua pengerjaan. Dan saat masuk bulan ketiga, udah slese. Tapi…ya itu tadi, sminar hasilnya lagi yang jadi kendala, terpaksa diundur sampai waktu yang gk jelas (mudah-mudahan secepatnya dapat kejelasan…..amin).

Itu lah lika-liku kenangan dengan TA-ku tersayang dalam satu tahun terakhir ini, banyak sedih, banyak juga tawa, banyak waktu yang habis, tubuh semakin kering, kantong pun ikut mengering hehe🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s