Sepatu Panjat Tebing (Climbing Shoes)

Climbing shoes merupakan salah satu tools yang penting bagi seorang pemanjat. Dengan adanya climbing shoes ini, pemanjat menjadi sangat terbantu dalam melakukan pemanjatan disegala bentuk jalur. Climbing shoes membantu untuk melindungi kaki dari permukaan tebing yang runcing, dan climbing shoes juga membantu pemanjat untuk memaksimalkan peran kaki pada saat melakukan pemanjatan. Bagaimana tidak, dengan menggunakan climbing shoes, sekecil apaun injakan yang ada, bisa digunakan karena konstruksi climbing shoes memang dirancang untuk memerankan fungsi seperti itu. Dengan menggunakan climbing shoes, titik tumpu kaki akan lebih terfokus pada satu titik, jadi seperti apapun bentuk injakan akan tetap bisa di injak dengan menggunakan climbing shoes.

Climbing shoes juga dirancang untuk mengurangi kemungkinan terjadi slip pada waktu pemanjatan. Konstruksi bagian telapak (sol) climbing shoes yang dirancang dari material karet khusus, seperti halnya ban sepeda motor untuk balapan. Material karet yang digunakan ini menjadi ciri khas untuk masing-masing pabrikan yang memproduksi climbing shoes. Pada bagian karet (sol) ini letak masing-masing teknologi yang menjadi pembeda untuk masing-masing merek climbing shoes yang beredar saat ini.

Berikut ini beberapa pabrikan yang memproduksi climbing shoes. Disini saya urutkan berdasarkan pengamatan saya terhadap climbing shoes yang biasa digunakan oleh atlet-atlet climbing kelas dunia seperti Adam Ondra (Czech Republic), Patxi Usobiaga (Spain), Ramon Julian (Spain), Akiyo Naguchi (Japan), Anna Stohr (Austria), Jain Kim (South Korea), Crish Sharma (USA), Dani Andrada (Spain), Dave Graham (USA) dan Daniel Wood (USA).

  1. La Sportiva
    Merupakan pabrikan yang berlokasi di negara Itali. Merek ini saya letakkan pada urutan teratas karena dari hasil pengamatan saya, atlet-atlet seperti Adam Ondra, Patxi Usbiaga, Ramon Julian, Akiyo Naguchi, Anna Sthor dan Jain Kim selalu menggukan sepatu keluaran dari pabrikan ini untuk menghadapai kompetisi kelas dunia yang mereka ikuti.

    Logo La Sportiva

    Dari informasi beberapa orang teman pemanjat, sol sepatu merek ini juga lebih tahan dan mempunyai friksi yang bagus untuk boulder maupun lead baik di tebing alam maupun di media climbing buatan.
    Untuk merek ini, seri-seri yang sering digunakan adalah:

    • La Sportiva Solution

      La Sportiva Solution

      Atlet yang biasa menggunakan seri ini adalah Adam Ondra, Akiyo Naguchi, Anna Stohr dan Jain Kim.

    • La Sportiva Miura

      La Sportiva Miura

      Ini sepatu yang katanya menjadi sepatu impian setiap pemanjat (katanya…). Miura ini cocok untuk digunakan untuk pemanjatan lead maupun pemanjatan boulder. Atlet yang biasa menggunakan sepatu ini adalah Adam Ondra, Patxi Usobiaga dan Ramon Julian.

    • La Sportiva Cobra

      La Sportiva Cobra

      Sepatu ini biasa juga dipakai oleh Patxi Usobiaga. Untuk sepatu dari no 1-3 pada urutan di atas, disitus resminya dilebel dengan harga 155$ atau sekitar 1.4 jutaan rupiah..

    • La Sportiva Katana

      La Sportiva Katana

  2. Fiveten (5.10)
    Merek ini adalah merek ckimbing climbing shoes yang paling banyak digunakan oleh pemanjat di indonesia. Pabrikan adalah pabrikan asal negeri paman sam. Untuk atlet kelas dunia, merek ini biasa digunakan oleh Crish Sharma, Dave Graham, Daniel Wood dan Dani Andrada.

    logo Fiveten

    Berikut ini beberapa seri fiveten yang sering beredar dipasaran:

    • Fiveten Dragon

      5.10 Dragon

      Bentuk ujung dirancang bengkok ke bawah yang memungkinkan pemanjat untuk menempatkan ujung sepatu keinjakan sekecil apapun. Konstruksi bagian tumit juga memberikan kesan untuk hooking yang bagus. Konstruksi rand pada bagian ibu jari dirancang lebih panjang untuk mendukung pada saat melakukan pemanjatan yang menuntut pemanjat untuk menyangkutkan ujung jari kaki ke tebing atau media buatan.

    • Fiveten Jet 7

      5.10 Jet 7

      Dirancang khusus untuk sport climbing dan boulder. Bagian ujung juga dirancang bengkok ke bawah. Bagian atas sepatu dirancang dari bahan semi sol yang akan sangat membantu pada saat pemanjatan membutuhkan peran punggung kaki.

    • Fiveten Galileo

      5.10 Galileo

      Sepatu ini dirancang khusus oleh tim fiveten eropa. Sedikit kaku tetapi pilihan tepat digunakan untuk pemanjatan di tebing alam.

    • Fiveten Project

      5.10 Project

      Fiveten Project merupakan sepatu climbing yang paling sensitif yang pernah diproduksi oleh pabrikan fievten.  Dirancang khusus untuk pemanjatan pada tebing yang overhange.

    • Fiveten Team

      5.10 Team

      Dirancang khusus untuk boulder dan sport climbing. Sepatu ini lebih ramping dari seri lainnya.

    • Fiveten Anasazi Moccasym

      Fiveten Moccasym

      Cocok untuk sepatu ke dua bagi setiap pemanjat. Nyaman digunakan tanpa velcro, pengganti velcro yang digunakan disini adalah bahan semi karet pada bagian tempat velcro. Dari pengalaman saya memakai sepatu seri ini, untuk pemakaian satu tahun, bahan semi karet ini cenderung melar dan menyebabkan sepatu terasa akan copot saat dipakai.

  3. Boreal
    Boreal juga merupakan produsen perlengkapan outdoor yang berlokasi di USA. Situs resmi untuk pabrikan ini adalah www.e-boreal.com.  Parbikan ini tidak hanya fokus pada sepatu panjat tebing saja, tapi juga untuk peralatan outdoor lainnya, seperti sepatu tracking, backpack dan sepatu sport. Untuk climbing shoes sendiri, pabrikan ini memberikan beberapa alternatif yang bisa menjadi pilihan bagi para pemanjat.

    Logo Boreal

    Berikut ini beberapa seri  yang lebih cenderung diminati pemanjat:

    • Boreal Krypto

      Boreal Krypto

      Boreal krypto ini dirancang khusus jalur yang membutuhkan gerakan yang ekstrim dengan pegangan dan injakan yang kecil.

    • Boreal Storm

      Boreal Storm

      Dirancang dengan sensitivitas sol yang lebih sehingg cocok untuk segala jenis pemanjatan, boulder, sport climbing, dalam ruangan maupun lura ruangan.

    • Boreal Blade

      Boreal Blade

      Cocok untuk boulder dan sport climbing.

  4. Evolv
    Pabrikan ini khusus memproduksi perlengkapan untuk panjat tebing seperti climbing shoes, chlak bag dan crash pads (untuk bolder). Dari informasi yang saya dapat, katanya pabrikan ini milik pemanjat kelas dunia asal USA, Crish Sharma, dan yang pasti semua climbing shoes yang diproduksi adalah hasil dari rancangan Crish Sharma sendiri.

    Logo Evolv

    Berikut ini beberapa seri climbing shoes yang diproduksi oleh evolv:

    • Evolv Prime

      Evolv Prime

      Dirancang dengan bagian ujung yang semi-simetris dan bagian atas climbing shoes ini mempunyai banyak fentilasi untuk kenyamanan dan kelenturan sepatu saat digunakan.

    • Evolv Shaman

      Evolv Shaman

      Climbing shoes seri ini dirancang khusus oleh Crish Sharma untuk pemanjatan atau bolder di tebing alam.  Bagian ujung dirancang dengan bagian untuk ibu jari kaki yang lbih besar supaya posisi ibu selalu statis pada posisi tersebut.

    • Evolv Pontas

      Evolv Pontas

      Dirancang khusus untuk memusatkan dan menyalurkan tenaga pada ibu jari kaki. Sepatu seri ini dirancang dengan kelenturan yang cukup baik untuk memaksimalkan fungsi kaki pada saat digunakan. Rand sepatu pada bagian ibu jari kaki dirancang lebih lebar untuk digunakan pada saat hooking dengan ibu jari.

  5. Scarpa Climbing Shoes
    Scarpa merupakan pabrikan yang berdomisili di UK. Berdiri sejak tahun 1938. Sejak awal berdiri, pabrikan ini memang khusus memproduksi sepatu. Sekarang, Scarpa Coorporation memproduksi sepatu yang biasa digunakan untuk kegiatan alam bebas, seperti sepatu mountaineering, tracking, sepatu untuk olah raga ski dan climbing shoes.

    Logo Scarpa

    Untuk climbing shoes, berikut ini adalah beberapa seri yang diproduksi oleh scarpa:

    • Scarpa Force

      Scarpa Force

      Fitur:

      • Mudah untuk dipakai dan dilepaskan dengan rancangan velcro yang futuristik
      • Ideal digunakan untuk rute panjang maupun boulder (rute pendek)
      • Bagian atas sepatu dirancang khusus untuk kenyamanan dan tampilan optimal
      • Bagian internal sepatu dirancang dengan bahan yang lembut
      • Bagian tengah sol dirancang fleksibel untuk lebih memaksimalkan pergerkan kaki pada saat digunakan
    • Scarpa Instinct

      Scarpa Instinct

      Seperti namanya, sepatu ini memberikan inspirasi kepada pemanjat untuk mengikuti insting nya. Dirancang untuk memungkinkan menginjak dari semua posisi.

  6. Madrock
    Madrock adalah perusahaan yang khusu memproduksi perlengkapan untuk climbing, mulai dari carabiner, sling, figure of eight, crush pads, chalk bag dan perlengkapan climbing lainnya. Perusahaan ini baru berdiri dari tahun 2002, katanya sih perusahaan ini adalah anak perusahaan fiveten.

    Logo Madrock

    Berikut ini beberapa seri climbing shoes yang saya kutip dari situs resminya www.madrockclimbing.com:

    • Madrock Mugen

      Madrock Mugen

      Madrock Mugen 2010

      Rekomendasi penggunaan:

      • Bouldering
      • Sport Climbing
      • Competition
      • Gym Climbing
    • Madrock Demon

      Madrock Demon

      Rekomendasi penggunaan:

      • Boulder
      • Gym
      • Sport
      • Competition
    • Madrock Conflict

      Madrock Conflict

      Rekomendasi penggunaan:

      • Bouldering
      • Sport
      • Competition
      • Crack Climbing
    • Dari pengalaman memakai sepatu merek ini, khusunya madrock mugen, pada saat digunakan pada tebing alam, sol sepatu merek ini terlalu cepat menipis tetapi untuk penggunaan pada papan buatan (bukan wall fiber) cukup tahan dan memiliki friksi yang cukup bagus.
  7. Bufo
    Bufo merupakan merek climbing shoes yang diproduksi oleh pabrikan asal Czech Republic. Dari pengalaman menggunakan sepatu merek ini, sol sepatu ini terlalu keras untuk digunakan pada media climbing buatan sehingga friksi yang diberikan juga tidak bagus.

    Bufo

Dari urutan no 1-7 di atas adalah climbing shoes buatan luar negeri. Harga rata-rata untuk sepatu di atas bervariasi dari 600 ribuan sampai 1.5 jutaan, lumayan mahal bagi kita-kita orang Indonesia. Untuk climbing shoes buatan dalam negeri Indeonsia, ada beberapa merek yang saya kenal dengan harga seratusan-300 ribuan:

  1. Finger

    Finger

    Untuk sepatu ini, dari produsennya dilabel dengan harga sekitar 150-200 ribu. Dari konstruksi, sepatu merek ini mempunyai ujung yang terlalu besar, sehingga sedikit menyulitkan pada saat digunakan untuk menginjak injakan yang berukuran kecil. Sol sepatu ini juga terlalu keras, sehingga friksi yang dihasilkan pada saat digunakan pada media climbing buatan tidak terlalu bagus.

  2. Sierra
    Sepatu merek ini dilebel dengan harga 300 ribuan rupiah. Kalau untuk wilayah sumatera bisa sampai 350 ribu termasuk ongkos kirim. Sepatu merek ini lumayan bagus, dengan konstruksi ujung yang lancip, sehingga bisa digunakan untuk menginjak injakan yang kecil. Kekurangannya, lem yang digunakan untuk merekat sepatu ini masih kurang bagus, sehingga sering copo ketika pemakaian sekitar 6 bulanan. Untuk sol, tidak terlalu bagus unutk sering-sering dibawa ke tebing, karena cepat tipis.
    Merek ini diproduksi di Jakarta oleh salah seorang pemanjat juga sih. Biasanya saya manggilnya Mas Keceng. Untuk gambar ntar di upload deh🙂

Wah,,udah banyak pilihan nih untuk kawan-kawan pemanjat yang ingin membeli sepatu panjat tebing. Kalau ada tambahan dari pembaca untuk merek sepatu yang lain, di comment aj yach🙂.

Sumber:

www.sportiva.com

www.fifveten.com

www.e-boreal.com

www.evolvesports.com

www.scarpa.com

www.madrockclimbing.com

Tulisan terkait:

Cara Mengetahui Ukuran Kaki (Untuk Mencocokkan Dengan Ukuran Sepatu Panjat Tebing)

Cara Membersihkan dan Merawat Sepatu Panjat Tebing

Panjat Tebing: Tantangan, Ketenangan dan Fokus

3 thoughts on “Sepatu Panjat Tebing (Climbing Shoes)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s