English is a must!

English1Masih melanjutkan cerita mengenai perjuangan untuk mendapatkan tempat bekerja, ada beberapa kata-kata yang hampir selalu ada disetiap lowongan yang pernah aku lihat. Salah satunya adalah “English is a must” atau “Kemampuan bahasa inggris adalah suatu keharusan”!.

Jika kita pikir-pikir, memang terkesan aneh, kenapa kita sebagai orang Indonesia diharuskan untuk menguasai bahasa negara lain padahal kita bekerja di negara kita sendiri. Kenapa bukan orang dari negara lain yang diharuskan untuk bisa berbahasa Indonesia? Entah lah, tapi begitu lah adanya.

Persiapan mencari kerja itu bisa diibaratkan seperti persiapan sebelum ke medan tempur bagi para prajurit, semua perlengkapan dan senjata harus benar-benar dipersiapkan supaya nantinya tidak ada kendala yang berarti pada saat berada di medan pertembpuran. Untuk pencari kerja, medan pertempurannya sendiri adalah pada saat test/wawancara kerja. Jadi sebelum ikut test atau wawancara kerja, seorang pencari kerja idealnya sudah harus siap dari segala sisi, baik dari sisi administrasi maupun dari sisi skill dan soft skill.

Salah satu skill yang harus dipersiapkan disini adalah English! Jadi, untuk rekan-rekan yang kebetulan masih di jenjang kuliah yang akan terjun ke dunia “pencari kerja”, silahkan persiapkan kemampuan bahasa inggris yang cukup (TOEFL dan conversation). Terutama jika mempunyai target untuk bekerja di perusahaan multinational yang ada di Indonesia dengan salary sudah pasti di atas rata-rata.

Keep fighting untuk semua!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s