HP Baru

Phone-size-evolution-through-time - blog.bigcircle.nl

Source: blog.bigcircle.nl

Setelah dipertimbangkan dengan sangat matang dan hampir hangus, akhirnya saya membeli HP baru. Pengganti HP lama yang sudah menjadi sahabat setia selama hampir tiga tahun. HP android saya yang ke dua ini buatan Tiongkok (sekarang istilah China diganti menjadi Tiongkok). Saya memutuskan membeli HP ini karena secara spesifikasi cukup bagus dan harga yang cukup murah tapi belum tau murahan atau tidak. Yah, seperti kata bos saya “kamu itu emang dasar orang Padang, sama diri sendiri aja pelit”. Menurut saya bukan pelit sih, tapi membeli sesuai dengan keperluan saja😀. Jadi kalau beli HP baru memang saat sudah benar-benar butuh dan HP yang lama sudah tidak layak dipakai lagi.

Berbicara mengenai HP, banyak perubahan yang terjadi akhir-akhir ini dengan kehadiran HP. Dari sisi HP itu sendiri, HP berveolusi sangat cepat dari tahun ke tahun. Mulai dari zaman saya masih sekolah dulu, saya melihat HP adalah sesuatu yang langka dan merupakan kebutuhan yang sangat mewah, bagaiman tidak harga satu unit saja bisa sampai jutaan rupiah belum lagi harga kartu perdana pada masa itu yang juga bisa mencapai ratusan bahkan jutaan rupiah juga. Itu menurut yang saya dengar sih, maklum pada zaman itu saya belum sanggup beli HP. Dari zaman HP hanya bisa untuk nelp, sms, monophonic, monochrome, dan ukursan sebesar lengan tangan sampai sekarang sudah ada yang namanya Smart Phone Android dan Blackberry yang fiturnya sudah mirip komputer dan bisa menampilkan video dengan format HD (High Definition) dan merekam video dengan format HD juga.

Dari sisi pengguna, dulu HP hanya digunakan untuk telpon dan sms saja, kemudian berkembang dengan layanan kirim gambar atau dikenal dengan istilah MMS dan sekarang sudah merambah ke Game Online, Chat dan media sosial lainya bisa di akses dari HP. Ini yang sangat menarik bagi saya. Karena perkembangan HP yang semakin mirip dengan komputer lengkap dengan internet, HP saat ini menjadi barang wajib bagi setiap orang (di kota ini).

Setiap pagi ketika di angkot untuk berangkat kerja, saya sering memperhatikan kebiasaan orang-orang yang satu angkot dengan saya. Kadang saya melihat seorang ibu-ibu sibuk melihat HP nya untuk mengecek e-mail pekerjaannya, kadang lagi saya lihat seorang eksekutif muda sendang memainkan game kesukaannya di HP Andorid atau IPhone-nya. Dilain waktu saya melihat seorang remaja putri yang lagi asyik melihat HP nya sambil senyum-senyum dan pipinya merona merah. Yang terakhir ini sedikit aneh dan membingungkan bagi saya, bagaimana HP bisa membuat orang senyum dengan pipi merona ya?

Dilain waktu saya mengamati suatu keluarga muda yang lagi makan malam bareng disebuah rumah makan, sang ayah, ibu, anak laki-laki berumur sekitart 9 tahun dan anak perempuan berumur 7 tahun. Ada yang tidak biasa disini, tidak ada percakapan yang terjadi antara masing-masing anggota keluarga ini, masing-masing anggota keluarga ini sibuk dengan HP nya masing-masing. Bahkan anak-anak yang masih sekolah SD sudah punya HP dan sibuk dengan HP nya sendiri. Efek negatif dari HP yang saya simpulkan disamping sejuta manfaat dari perkembangan HP saat ini. Disinilah ironinya, disatu sisi keberadaan HP memperdekat hubungan individu-individu yang dipisahkan oleh jarak tetapi disisi lain mengurangi frekuensi orang-orang yang berdekatan untuk saling berinteraksi karena masing-masing individu sudah sibuk dengan HP nya masing-masing.

Kembali lagi kecerita HP baru saya. HP ini saya beli memang untuk menunjang pekerjaan karena memang HP yang lama sudah tidak sanggup lagi untuk install aplikasi apalagi aplikasi saat ini ukurannya sudah mulai puluhan MB, maklum HP saya yang lama hanya punya RAM 380 MB, udah kepake sm OS Andorid tiga per empatnya. Jadi tidak mencukupi lagi untuk instal aplikasi lain-lain. Itu lah ceritanya kenapa saya memutuskan untuk membeli HP baru🙂

2 thoughts on “HP Baru

Leave a Reply

